KENDARI– Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso melantik Ketua dan pengurus Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) dan Kwartir Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2019. Dirangkaikan dengan kegiatan kemah Eksekutif selama tiga hari di Ruang Terbuka Hijau (RTH) perkemahan Bumi Praja Andonohu, Kamis (05/09).

Budi Waseso mengatakan kegiatan gerakan pramuka ini merupakan wadah yang sangat penting untuk membangun sinergi dalam memimbing dan membantu serta menjadi ajang pengembangan gerakan pramuka bagi generasi tentunya.

“ Ketiga unsur ini masing-masing memiliki kelebihan dan kemampuan yang bila dipadukan dapat menjadi kekuatan untuk mengembangan gerakan pramuka,” ujar ketua Kwarnas Budi Waseso.

Sementara itu, Gubernur Sultra Ali Mazi selaku ketua Majelis Pembimbing Daerah sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini yang dihadiri langsung oleh seluruh Bupati dan Walikota se-Sultra yang juga sebagai majelis pengurus Praja Muda Karana (Pramuka) Sultra, seluruh OPD dan Unsur Forkopimda Sultra dengan jumlah mencapai sekitar 863 peserta.

“Persis setahun yang lalu beliau datang ke kendari, dan bumi Anoa ini telah menjadi saksi karena di kendari inilah kakak budi waseso terpilih sebagai ketua Kwarnas gerakan pramuka, yang menjadi kebanggaan dan kecintaan kita semua. Tentu kita berharap kedatangan kakak ketua kwarnas kali ini menjadi energi yang positif dan menjadi angin segar yang berdampak bagi pembangunan daerah, khususnya dalam pengembangan organisasi gerakan pramuka di Sulawesi Tenggara,” ungkap Ali Mazi dalam sambutannya.

Selain mengapresiasi, Ali Mazi juga merasa bangga dan bahagia dengan terselengaranya kegiatan eksekutif yang melibatkan seluruh anggota pramuka baik dari tingkat cabang maupun tingkat tingkat daerah.

“secara pribadi sebagai gubernur dan sekaligus ketua Mabida, saya merasa bangga dan bahagia atas moment yang terjadi pada hari ini, karena saya memahami betapa kakak-kakak telah bersusah payah mengatur jadwal dan melakukan koordinasi baik pada level cabang masing-masing, maupun pada level daerah demi menyisihkan waktu untuk dapat hadir pada kegiatan ini,” ujarnya.

Diketahui ada bebera item lomba yag diselengarakan dalam kema Eksekutif ini, diantaranya kegiatan panggung gembira, lomba memasak non beras, senam pagi, Lomba Kebersihan, Keindahan dan kerapian tenda, serta lomba Out Bond. Kegiatan Kemah Eksekutif akan ditutup, Sabtu (07/09).

Dalam rangkaian ini selain mengadakan perkemahan ekskutif, seluruh OPD dan Bupati/Walikota se-Sultra, mereka juga melaksanakan Rapat Rancangan Kerja (Raker)dan giat pengibaran bendera yang dilaksanakan langsung oleh para bupati se-Sultra yang dilaksanakan diperkemahan Ekskutif tersebut. (**)