KWARDA– Salam Pramuka! Mungkin, masih banyak yang belum mengetahui seluk beluk Pramuka. Padahal, sudah 58 tahun Pramuka berdiri dan turut menyumbangkan sejarah juga di Indonesia.

Berikut ini 6 fakta tentang Pramuka yang belum banyak diketahui orang.

Bapak Pramuka

Robert Stephenson Smyth Baden-Powell adalah seorang tentara Inggris. Jabatannya pun tak main-main, yakni seorang letnan jenderal.

Saat sedang dinas di Afrika, Baden-Powell mendapat inspirasi membuat materi kepanduan dan ketika kembali ke Inggris, Ia membuat satu perkemahan dan dari sanalah Pramuka tercetus.

Hal tersebut membuatnya mendapat julukan Bapak Pramuka.

Diperkenalkan oleh Belanda

Pramuka sendiri lahir di Inggris. Namun, di Indonesia sendiri, Pramuka diperkenalkan oleh Belanda. Pramuka berawal dari Nationale Padvinderij Organisatie (NPO), sebuah organisasi kepanduan Belanda, yang didirikan di Bandung.

Jambore pertama

Jambore merupakan pertemuan pramuka penggalang dalam bentuk perkemahan besar. Jambore pertama di dunia dilaksanakan di Inggris pada tahun 1920 dan diikuti 8.000 peserta dari 34 negara di dunia.

Jambore terakhir yang didatangi Baden-Powell

Jambore ke-5 yang dilaksanakan di Belanda merupakan jambore terakhir yang dikunjungi Baden-Powell. Kala itu pada tahun 1937, Baden-Powell berusia 81 tahun menyampaikan salam perpisahan.

Dikutip dari scout.org, pada saat menyematkan emblem Jambore kepada seorang staf, Baden-Powell berkata,"Sekarang waktunya sudah datang untuk saya meyampaikan salam perpisahan. Saya ingin anda hidup bahagia. Anda tahu, mungkin di antara kita tidak akan bertemu lagi di dunia ini."

Tak hanya itu, pada jambore ke-5 ini pula pemerintah Belanda mengeluarkan satu seri prangko yang bertema "the 1937 World Jamboree" yang terdiri dari 3 perangko.

Penetapan 14 Agustus sebagai hari Pramuka

Tanggal 14 Agustus 1961 diperingati sebagai Hari Pramuka. Pada tanggal ini, 57 tahun yang lalu, diadakan pelantikan dan penganugerahaan Panji-Panji Gerakan Pramuka di Istana Negara.

Tak hanya itu, dilakukan pula pawai dan 10.000 anggota Gerakan Pramuka mengadakan Apel Besar. Ya, setelah diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia, kemudian tanggal 14 Agustus resmi menjadi Hari Pramuka.

Film yang terinspirasi dari Pramuka

Pramuka juga banyak menginspirasi berbagai budaya populer, terutama film. Di Indonesia, ada film 5 Elang yang menceritakan tentang petualangan anggota pramuka. Sedangkan di luar negeri, film animasi Up terinspirasi dari gerakan pramuka.

Selain itu ada Indiana Jones, tokoh fiktif dalam film petualangan terkenal juga merupakan seorang anggota pramuka.

Gerakan pramuka juga menjadi inspirasi komikus ternama Georges Remi atau Hergé dalam menciptakan tokoh Tintin yang legendaris. Tintin ini telah diangkat menjadi film dan serial TV. (*)