Kak Tsamarah Jihan Aztsa Tambosisi

KABAR menggembirakan datang dari Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta dari arena Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Wanabakti (Pertikawan) Nasional 18-25 November 2019. Seorang penegak putri asal Kwarda Sulawesi Tenggara, sukses mencatatkan dirinya sebagai Ketua Inisiator Kawan Bumi Nasional – Angkatan Pertama. Dia adalah  Kak Tsamarah Jihan Aztsa Tambosisi, atau lebih akrab disapa Kak Jihan.

Sebagai Ketua Inisiator Kawan Bumi Nasional,  Kak Jihan adalah pemimpin perwakilan Pertikawan Nasional yang berasal dari 33  Kwartir Daerah se-Indonesia, yang dipilih oleh 72 orang inisiator yang direkrut dari perwakilan dari 33  Kwartir Daerah se-Indonesia itu.

Proses pemilihan pun berlangsung sangat alot dalam musyawarah para inisiator, sebab Kak Jihan bersama peserta lainnya menjalani Orientasi Inisiator Kawan Bumi selama 3 hari 2 malam, gabungan antara Pramuka Penegak dan Pandega.

Foto credit by : Endang Widowati
Kak Jihan, adalah penegak putri kelahiran Kendari 22 Maret yang berpangkalan gugus depan Az- Zahra MAN 1 Kendari, Kwartir Ranting Kadia, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Kendari

Kak Jihan merupakan penegak (kelas 12) dari MAN 1 Kendari. Ia mempunyai motto hidup, di atas langit masih ada langit. Beberapa aktivitas Kak Jihan selain di Pramuka di antaranya, pernah menjadi peserta FLS2N 2015, peserta Lomba Lukis Kolektif Nasional 2015, dan merupakan merupakan RU 1 Duta Genre Provinsi tahun 2019.

Di Pertikawan Nasional 2019 ini, Kak Jihan pun tercatat sebagai Favorit 1 Pertikawan Nasional 2019.

Foto : Istimewa
Kak Jihan dalam menekuni dunia kepramukaan dan organisasi kepemudaaan lainnya, sederet prestasi telah ditorehkannya. Ia tercatat pula sebagai alumni Jambore Nasional 2016; Duta Sanitasi Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2016; Juara 1 Lomba Lukis tingkat Provinsi tahun 2018 dan 2019 dan  lomba poster piala walikota tahun 2016.

Bakat kepemimpinan dan seni Kak Jihan sepertinya menurun dari kedua orangtuanya yang dikenal pula sebagai aktivis Pramuka Sultra, bahkan ayahnya dikenal sebagai pembuat Badge Kwarda Sultra yang dittapkan pada 21 Desember 1998.

Kak  Jihan dan peserta Pertiawan Nasional 2019 asal Sulawesi Tenggara lainnya banyak mencatat prestasi di arena perkemahan nasional tersebut. Penegak Putra Sultra menjadi juara I Giri wana Rally; juara 2 lomba vlog perjalanan kontingen, dan penegak putri mencatat sebagai juara I inventarisasi Flora dan Fauna. Selamat! (**)