Foto bersama Ketua DKD Sultra Kak Muh. Agung dengan Peserta KPDK Cabang Muna Barat


KWARTIR Cabang Gerakan Pramuka Muna Barat melalui Dewan Kerja Cabang menyelenggarakan Kursus Kursus Pengelola Dewan Kerja (KPDK) yang diikuti oleh 40 orang Pramuka Penegak dan Pandega dari perwakilan Dewan Kerja Ranting dan Dewan Ambalan se-Kabupaten Muna Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kompleks SMKN 1 Kusambi, Muna Barat pada tanggal 8-10 November 2019.

Menurut Kak Muhamad Syahrul Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Muna Barat, kegiatan diklat sangat perlu diselenggarakan, salah satunya adalah KPDK, guna mengembangkan kepemimpinan dan kaderisasi bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di Muna Barat, mengingat Muna Barat ialah Kwartir Cabang baru, maka diawal kepemipinannya semenjak terpilih dimusppanitra cabang pada 2018, ia terus berupaya melakukan konsolidasi hingga ke Gugus Depan dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan pelatihan.


Ketua DKD Sultra Kak Muh. Agung menyampaikan materi Administrasi dan Pengelolaan Dewan Kerja

Selain narasumber dari unsur Kwartir Cabang, Dewan Kerja Daerah Sulawesi Tenggara juga hadir sebagai narasumber tentang administrasi dan pengelolaan Dewan Kerja sesuai Petunjuk Penyelenggaran Gerakan Pramuka, yaitu Kak Agung, Kak Alifka dan Kak Karno.


ASekretaris I DKD Sultra Kak Alifka Rahim menyampaikan materi Jukran Dewan Kerja

Menurut Ketua DKD Sultra Kak Agung, sebenarnya pihak DKC Muna Barat meminta salah seorang narasumber dari DKD Sultra, namun mengingat Kwartir Cabang Muna Barat tergolong Kwarcab baru dan kepengurusan DKC baru, maka dipandang perlu untuk hadir bertiga, yaitu Ketua, Sekretaris I dan Anggota yang merupakan delegasi Muna Barat di DKD Sultra yakni Kak Karno, hal ini merupakan perhatian khusus kami agar kedepan DKC Muna Barat bisa lebih percaya diri dan optimis dalam menentukan arah kaderisasi dan kepemimpinannya.


Antusiasme peserta mengikuti materi KPDK Cabang Muna Barat

Penyelenggaraan Kursus Pengelola Dewan Kerja ini yang bertema mewujudkan esensi Dewan Kerja sebagai wadah Kaderisasi Kepemimpinan, tergolong berjalan baik, terlihat dari antusiasme peserta mengikuti dan menggali setiap materi yang disajikan narasumber. “kedepan, Muna Barat akan terus berbenah, semoga kedepan bisa lebih maju dan unggul dalam pembinaan kepramukaan utamanya bagi Penegak dan Pendega”  ujar Sekretaris Kwartir Cabang Muna Barat kak Mirad, S.Pd.,S.Ag.,M.Pd.(**)