Ummusshabri Kendari  memperingati Milad Ummusshabri ke - 9,  dengan melaksanakan Expo dan Perkemaha Raya. Kegiatan diantaranya expo, Karnaval dan beberapa perlombaan antar jenjang serta dirangkaiakan dengan reuni akbar yang dimulai 9-13/1/2020. Menariknya, tahun ini juga digelar Ummusshabri Internasional Camp (UIC). Dimana pesertanya berasal dari mancanegara dan sejumlah daerah dari luar Sultra. Dalam Expo ke -9 yang pesertanya sebanyak 2.350  orang ini, selain dihadiri guru dan murid dari 4 negara, juga hadir sejumlah guru dan murid dari Jakarta, Lampung dan Sulawesi Selatan. Mereka hadir untuk mengikuti UIC, karena memang kegiatan ini adalah program internasional


Expo ke -9 ini dibuka oleh  Ketua Gabungan Usaha Perbaikan Pendidikan Indonesia (GUPPI). Prof. Dr. Imam Thalkha. MA, yang juga bertindak sebagai inspektur upacara pembukaan Expo. Dalam arahannya Ketua GUPPI terkesan dengan keberadaan Ummusshabri yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Bahkan target Ummushabri untuk menjadi sekolah bertaraf internasional diakuinya sudah tercapai. "Salah satunya dengan mengadakan iven internasional yaitu Ummusshabri Internasional Camp dengan diikuti siswa dari berbagai negara. Terlebih dengan segara fasilitas, proses belajar serta SDM pengajar di Ummusshabri semua menunjukkan sebuah kemajuan yang sangat cepat," terang Prof.Thalka yang juga mantan pejabat di Kementrian Agama RI ini.


Menurut Prof.Talkha, yang juga anggota Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP), dengan segala prestasi yang dimiliki Ummusshabri, diharapkan terus maju menjadi lembaga pendidikan Islam di Indonesia yang mencetak generasi cerdas  berahlaq mulia. "Iven internasional seperti saat ini, semoga tetap dipertahankan. Pesertanya saya harap lebih banyak lagi dari berbagai negara," urainya.


Ketua Yayasan Ummusshabri, Dr.Supriyanto MA,  yang menakhodai Ummusshabri hingga besar dan menjadi sekolah bertaraf internasional, menyahuti permintaan Ketua GUPPI. Yakni sudah dalam programnya bila UIC dan expo akan  menjadi agenda tahunan. Kalau saat ini baru dari empat negara yakni : Malaysia, Amerika,Filipina dan Thailand, ke depan akan diperbanyak lagi peserta dari luar negeri dan daerah lain di Indonesia. Pasalnya moment ini selain memperkenalkan Ummusshabri, juga sebagai ajang memperkenalkan budaya daerah serta pariwisata Sultra."Saya berharap UIC dan Expo ini justru semakin menguatkan  stigma masyarakat  bahwa Ummusshabri semakin memantapkan diri menjadi sekolah bertaraf Internasional," paparnya.

Peserta UIC dari Ummusshabri adalah para murid yang telah diseleksi, yakni pemahaman Bahasa Inggrisnya baik. Sehingga siswa dari Ummusshabri ini yang akan menjadi guide student bagi tamu manca negara. 

sumber : https://sultra.kemenag.go.id