Pimpinan Sidang Paripurna Nasional, Sekretaris I DKN Kak Fatkhul Manan (Kiri), Ketua DKN Kak Robby Zulpandi (Tengah) dan Sekretaris II DKN Kak Abdul Wahab Munte (Kanan)

Cibubur-Jakarta (18/2/2020), Sidang Paripurna Nasional telah selesai digelar, yang secara resmi ditutup oleh Wakil Ketua kwarnas/Komisi Pembinaan Anggota Muda Kak Supriyadi di Aula Sarbini, TRW Cibubur Jakarta pada hari ini 18 Februari 2020.

Berbagai dinamika yang bergejolak pada sidang tersebut, sehingga menyebabkan sidang di tunda sampai tanggal 17 pukul 20.00 WIB sejak dibuka resmi pada 16 Februari 2020 Pagi.
Suasana Rapatr Paripurna Nasional 2020

Penundaan sidang tersebut disebabkan permintaan peserta sidang tentang kejelasan permasalahan di tubuh Dewan Kerja Nasional dan meminta kehadiran Pimpinan Kwarnas Bidang Orgakum, Bina Muda dan Dewan Kehormatan Kwarnas.

Pada saat bertemu DKD dan DKN Peserta Sidparnas, Waka Kwarnas/Ketua Komisi Orgakum Kak Chairul Huda meminta untuk Sidang Paripurna Nasional berjalan sebagaimana mestinya dan menjamin amanah Sidparnas akan tersampaikan di Rapat Kerja Nasional yang akan dilaksanakan pada 19 Februari 2020. "Terkait kedudukan Robby Zulpandi semua diserahkan ke forum sidparnas, silahkan bersidang dan hasilkan yang terbaik untuk Pramuka Penegak dan Pandega Indonesia" Ujar Waka Orgakum Kwarnas.

Terkait SK Penonaktifan Ketua DKN, berikut kutipan hasil rekomendasi yang dirumuskan :

Kami, Dewan Kerja Penegak dan Pandega se-Indonesia memohon Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk :

1. Melakukan peninjauan kembali Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penonaktifan Ketua Dewan Kerja Nasional dengan memperhatikan AD/ART Gerakan Pramuka dan PPDK 005 Tahun 2017, guna memperbaiki Eksistensi Dewan Kerja Nasional dan Marwah Pramuka Penegak dan Pandega se-Indonesia.

2. Mendorong Dewan Kerja Nasional untuk memohon arahan dan bimbingan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk kegiatan dan program kedepan yang lebih baik. 

Demikian permohonan ini kami sampaikan sebagai bentuk kepedulian terhadap Organisasi yang kami cintai.

Rekomendasi tersebut akan disampaikan oleh Sekretaris I Dewan Kerja Nasional Kak Fatkhul Manan pada sidang Pleno I Rapat Kerja Nasional pada Rabu Malam 19 Februari