Anggota Satgas TRC Pramuka Peduli Kwarcab Kolaka Utara saat menggelar aksi Penyemprotan Desinfektan di Kecamatan Ngapa, Kolaka Utara (31 Maret 2020)

Lasusua, Kolaka Utara (8/4/2020). Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kolaka Utara membentuk Satuan Tugas Tim Reaksi Cepat (Satgas TRC) Pramuka Peduli dalam rangka Percepatan Penangangan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaen Kolaka Utara, hal ini sesuai Surat Keputusan Ketua Kwartir Cabang Nomor 02 Tahun 2020 tentang Pembentukan Satgas TRC Pramuka Peduli.


"Satgas TRC Pramuka Peduli Kwarcab Kolaka Utara diketuai oleh Kak Bripka Andi Surahman (Andalan Cabang Urusan Pengabdian Masyarakat) dengan beranggotakan 26 orang anggota Pramuka yang terdiri dari unsur Andalan dan Pramuka Penegak Pandega Kwarcab Kolaka Utara. Tim Satgas yang dibentuk merupakan tindak lanjut dari kebijakan Bupati Kabupaten Kolaka Utara yang membentuk Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 yang melibatkan beberapa elemen masyarakat termasuk Kwarcab Kolaka Utara", ungkap Kak Andi Adha Arsyad (Kapusdiklatcab) selaku Pengarah Program Satgas TRC Pramuka Peduli Kwarcab Kolaka Utara.


Menurut Kak Kasmuddin selaku Sekretaris Kwarcab Kolaka Utara Saat diwawancarai oleh tim Pusinfo Kwarda Sultra via Whatsapp, "bahwa selain Satgas TRC Pramuka peduli yang berposko di Kantor Kwarcab, Kwarcab Kolaka Utara juga membentuk posko relawan dibeberapa titik lokasi, diantaranya pos perbatasan wilayah selatan (Kecamatan Watutoru), perbatasan wilayah Utara (Tolala), dan Pelabuhan Penyeberangan (Kecamatan Katoi). Bentuk kegiatan Tim Satgas dan Pos Relawan terdiri dari penyemprotan Desinfektan (Sarana Umum, Kantor Pemerintah dan rumah penduduk), sosialisasi pencegahan Covid-19 kepada masyarakat, membantu Gugus Tugas tingkat Kabupaten pada Pemeriksaan di perbatasan dan pelabuhan Kolaka Utara".


"Tim Satgas TRC Pramuka Peduli dibentuk bersifat mandiri dari segi anggaran yang diputuskan melalui rapat terbatas kwarcab, namun dalam melaksanakan aksi pencegahan Covid-19 tetap bersinergi dengan beberapa pihak, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Kesehatan, TNI, Polri, dan Kominfo Kabupaten Kolaka Utara. Aksi Satgas TRC Pramuka Peduli Kwarcab Kolaka Utara sudah dimulai sejak maret dan diperkirakan sampai mei 2020", ujar kak Kasmuddin.

Pembekalan anggota Satgas TRC Pramuka Peduli Kwarcab Kolut (6/4/2020)

"Hasil yang diharapkan dari aksinya ini adalah meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kolaka Utara, dan yang terpenting ialah adanya edukasi kepada masyarakat tentang perilaku hidup bersih dalam memutus rantai penyeberan virus corona baik secara lansung maupun media sosial", tutup Kak Andi Adha Arsyad.



Dokumentasi : Satgas TRC Pramuka Peduli Kolaka Utara
Editor : Alifka - Pusinfo Kwarda Sultra